BerandaBeritaHari Guru Nasional, Fitra Jatim Dorong Optimalisasi Anggaran Pendidikan

Hari Guru Nasional, Fitra Jatim Dorong Optimalisasi Anggaran Pendidikan

Forum Indonesia Transparansi Anggaran Jawa Timur (FITRA JATIM) mendorong optimalisasi anggaran guna peningkatan kesejahteraan guru dan akses pendidikan di Jawa Timur.

Ketua Fitra Jatim Ahmad Dahlan mengatakan, pemerintah baik provinsi maupun daerah harus memberikan perhatian lebih dalam urusan pendidikan yang telah tertuang dalam amanat konstitusi, yakni alokasi anggaran harus lebih dari 20 persen dari anggaran pendapatan belanja daerah.

“Anggaran pendidikan Jawa Timur sudah sesuai amanat konstitusi, namun perlu dioptimalkan pemanfaatannya,” terang Ahmad Dahlan, dihubungi Jatimnet.com, Senin 25 November 2019.

Melansir data neraca pendidikan daerah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2018, Dahlan merinci sebagian besar daerah telah mengalokasikan anggaran lebih dari dua puluh persen.

Termasuk di dalamnya, bila ditambahkan dengan dana transfer daerah terutama yang berkaitan dengan gaji guru dan tunjangan yang memiliki porsi anggaran cukup besar.

Walau demikian, dalam catatan tersebut Kota Pasuruan di tahun anggaran 2018, masih berada di bawah 20 persen, dengan rincian alokasi APBD Murni 6,61 persen dan alokasi keseluruhan dari transfer daerah hanya mencapai 17,22 persen.

Sementara Kota Surabaya berada dalam posisi teratas dengan alokasi APBD Murni 15,84 persen dan alokasi keseluruhan mencapai 22,60 persen.

Dahlan mencontohkan, alokasi anggaran itu dapat digunakan untuk mendorong program yabg berkaitan dengan peningkatan sarana prasarana sekolah dan mutu pendidikan.

“Khususnya alokasi yang berkaitan dengan peningkatan akses dan mutu pendidikan, serta pemberdayaan guru, tidak hanya menambah kesejahteraan tetapi juga kualitas guru,” jelas pegiat transparansi anggaran itu.

Selain itu, ia berharap adanya perhatian serius guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas guru di Jawa Timur.

“Pemerintah harus memperhatikan kehidupan layak guru sehingga bisa berkonsentrasi meningkatkan kualitas pengajaran,” tutupnya.

Sumber: https://jatimnet.com/hari-guru-nasional-fitra-jatim-dorong-optimalisasi-anggaran-pendidikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Perkuat Kapasitas untuk Warga , FITRA Jatim Adakan Training Analisis Perencanaan...

0
Fitrajatim.org - Setelah melakukan kick of meeting (2/3) bersama perwakilan warga dan lembaga lingkungan perusahaan yang berada di Kabupaten Tuban, Fitra Jatim membuat pelatihan...