BerandaBeritaFGD Penyampaian Rekomendasi Pengelolaan DBH SDA untuk SPM di Kabupaten Tuban

FGD Penyampaian Rekomendasi Pengelolaan DBH SDA untuk SPM di Kabupaten Tuban

FITRAJatim – Untuk mendorong pengelolaan DBH SDA Kabupaten Tuban, ABPEDNAS, FITRA Jatim, Yayasan Tifa dan Ford Foundation laksanakan FGD pada, Selasa (8/8/23).

Kegiatan terlaksana di Gedung DPRD Kabupaten Tuban Komisi I.

Diskusi ini tindaklanjut dari beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan. Untuk merumuskan rekomendasi beberapa kebijakan yang berhubungan dengan DBH SDA.

“Ini hal penting yang harus didiskusikan bersama, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan Tuban secara umum,” tutur Sugeng.

Anggaran yang bersumber DBH SDA Tuban sangat besar jadi perlu dikawal bersama-sama. Ini untuk mewujudkan pembangunan Tuban yang labih baik.

“Kenaikan anggaran yang besar harus berbanding lurus dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga masyarakat semkin sejahtera dan penurunan kemiskinan,” tegasnya.

Sementara itu koordinator FITRA Jatim Daklan menambahkan, kenapa FGD ini mengundang seluruh elemen, terutama pemerintah Desa? Karena perlunya pembahasan UU HKPD, agar DBH SDA yang di dapat Tuban tepat sasaran.

“Logika APBD pemerintah daerah jika semakin besar, maka pemerintah Desa juga besar. Jadi, yang kita siapkan hari ini adalah untuk menyiapkan skema kebijakan yang baik. Karena Tuban akan mendapatkan DBH SDA sebesar Rp533 milliar,” tambah Kang Daklan sapaannya.

Hari ini momen pembahasan anggaran, jadi perlu kiranya FGD ini juga sebagai langkah untuk merumuskan rekomendasi pada pemerintah daerah. Tujuannya adalah mendorong pengelolaan DBH SDA untuk pemenuhan SPM di Tuban.

“Ini untuk mengukur kinerja pemerintah daerah dengan anggaran DBH SDA yang sangat besar. Jangan sampai penggunaan anggaran tersebut tidak tepat sasaran, bahkan jauh dari harapan masyarakat. Oleh sebab itu, mari kita kawal sama-sama,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hari Guru Nasional, Fitra Jatim Dorong Optimalisasi Anggaran Pendidikan

0
Forum Indonesia Transparansi Anggaran Jawa Timur (FITRA JATIM) mendorong optimalisasi anggaran guna peningkatan kesejahteraan guru dan akses pendidikan di Jawa Timur. Ketua Fitra Jatim Ahmad...